Senin, 16 April 2012

Belajar Delphi

Pada postingan perdana kali ini, saya akan membahas tentang “mengenal delphi 7”, terutama bagi yang baru belajar delphi, sehingga sudah tidak asing lagi dengan pemrograman delphi yang akan anda pelajari.


Pengenalan

Borland delphi adalah salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat suatu aplikasi untuk mengolah database, angka, teks dan aplikasi web. Borland delphi memberikan berbagai macam fasilitas dalam pembuatan aplikasi. Fasilitas pemrograman dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

1.    Objek
Objek merupakan suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik atau dapat dilihat. Umumnya, objek digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dan memiliki batasan-batasan tertentu.

2.    Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman disebut juga sebagai sekumpulan teks yang memiliki arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu untuk menjalankan tugas tertentu.

Gabungan antara objek dengan bahasa pemrograman disebut dengan bahasa pemrograman berorientasi objek.

OOP (Object Oriented Programming)

OOP merupakan metode pemrograman dengan membentuk sebuah aplikasi yang mendekati dunia sesungguhnya, dapat dilakukan dengan mendesain objek untuk menyelesaikan masalah. Tiga unsur yang terdapat pada OOP, antara lain:

1.    Pemodelan (Encapsulation)
Pemodelan disebut juga dengan penyembunyian informasi. Pemodelan merupakan konsep penggabungan data dengan operator, konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan yang disebut objek.

Contoh : Saat menginjak gas mobil, kita tidak mengetahui proses apa saja yang terjadi saat menginjak gas sehingga mobil dapat berjalan.

2.    Penurunan (Inheritance)
Penurunan merupakan sebuah objek yang dapat diturunkan menjadi objek yang baru, tetapi tidak menghilangkan sifat asli dari objek tersebut.

Contoh : Televisi adalah salah satu media elektronik. Televisi digunakan untuk menampilkan gambar dan suara. Umumnya, televisi mempunyai cara kerja yang sama dengan media elektronik lain dalam proses penyampaian informasi. Tetapi televisi mempunyai sifat unik yang dapat membedakan dengan media elektronik lainnya.

3.    Polimorfisme (Polymorphism)
Polimorfisme merupakan penggunaan berbagai macam objek yang berbeda. Secara fungsi tetap bergantung pada satu objek sebagai induk dengan cara pelaksanaan yang berbeda-beda.

Contoh : Radio dan televisi merupakan media elektronik dengan sistem yang sama dalam menyebarkan suatu informasi, tetapi cara kerja masing-masing sistem berbeda.

Saat membuat suatu aplikasi dengan delphi, secara tidak langsung kita telah menerapkan OOP. Misalnya, saat membuat aplikasi baru dengan delphi, form yang aktif tersebut merupakan turunan dari Tform sebagai induknya.

Borland Delphi juga memiliki kemampuan lebih, antara lain:

1.    Kompilasi
Proses kompilasi pada delphi cepat, karena saat menjalankan aplikasi yang telah dibuat pada delphi, secara otomatis aplikasi tersebut dibaca sebagai program, tanpa dijalankan terpisah.

2.    Produktifitas
Produktifitas lebih tinggi, karena pada delphi terdapat berbagai macam tools yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi.

3.    Bahasa pemrogramannya terstruktur dan lengkap

4.    Mudah digunakan
Bahasa pemrograman delphi merupakan turunan dari pascal.

5.    Multi purphase
Bahasa pemrograman delphi dapat digunakan dalam mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

6.    IDE (Integrated Development Environment).
IDE atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri merupakan salah satu keunggulan dari delphi, di dalamnya terdapat menu-menu yang berguna untuk memudahkan pembuatan suatu aplikasi.

IDE Delphi

Langkah-langkah membuka membuka program delphi 7 pada windows 7, dapat anda dibaca di sini.

Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semuanya telah tersedia. Bafian-bagian IDE yang biasa ditampilkan antara lain:

1.    Jendela Utama Delphi



Pada jendela utama delphi terdapat menu-menu, toolbar dan komponen palette. Di dalam menu, terdapat berbagai macam perintah .Toolbar merupakan langkah cepat dari beberapa menu. Palette merupakan gudang komponen yang dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi.

Gambar 1

Bagian-bagian yang terdapat pada jendela utama delphi antara lain:

a.    Toolbar



Delphi memiliki beberapa toolbar, masing-masing toolbar berfungsi untuk menggantikan suatu perintah menu yang sering digunakan, letaknya pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, terdapat enam bagian toolbar, antara lain standard, view, debug, custom, component palette dan desktop.

Gambar 1.1

b.    Object Tree View
Object Tree View adalah diagram pohon, menggambarkan hubungan logis, menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu form. Fungsinya untuk menampilkan seluruh daftar komponen-komponen yang dipergunakan dalam sebuah form suatu aplikasi program sesuai dengan penempatannya.

                            Gambar 1.2

c.    Object Inspector
Object inspector berfungsi untuk mengatur tampilan komponen pada sebuah form, memberik`n perintah-perintah tertentu pada sebuah komponen atau form, sehingga terdapat interaksi saat program dijalankan.

Object Inpsektor dibagi menjadi dua kelompok, antara lain:

~        Properties
Properties berfungsi untuk mengatur tampilan sebuah komponen, tetapi tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ada pada daftar, kecuali mengubahnya melalui koding program.

                Gambar 1.3      
                                                                                                       
~        Events
Events berguna untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi yang sebenarnya. Contohnya, saat menggunakan event OnKeyPress pada sebuah aplikasi kalkulator. Anda akan melakukan operasi pengtrangan, maka setelah memasukkan digit kedua, anda dapat menekan tombol enter, sehingga h`sil penjumlahan akan keluar tanpa mengklik button hasil.

            Gambar 1.4

d.    Form Designer



Form merupakan komponen utama untuk pengembangan aplikasi, sedangkan form designer merupakan tempat untuk membuat rancangan aplikasi, dimana komponen-komponen lain atau komponen palette diletakkan.

                                          Gambar 1.5

e.    Code Editor
Code editor digunakan untuk menulis kode program atau koding yang mengatur tugas dari suatu komponen atau aplikasi.




                        Gambar 1.6

f.     Code Explorer
Code explorer merupakan fasilitas yang dapat mempermudah penjelajahan kode program. Code explorer menampilkan seluruh variabel, type dan rountine yang didefinisikan pada unit. 

                           Gambar 1.7

g.    Component Diagram



Component diagram digunakan untuk mendesain diagram atas komponen-komponen yang digunakan dalam aplikasi.

                                                 Gambar 1.8

Project Delphi

Project delphi terbagi menjadi dua bagian, antara lain:

        1. File Proyek

File ini disimpan dengan ekstensi .dpr yang berisikan informasi-informasi mengenai proyek program yang terdapat pada forl designer.

     2. File Unit

File ini disimpan dengan ekstensi .pas yang berisi kumpulan dari barisan kode program yang terdapat pada code editor, baik kode yang ditulis manual maupun code yang ditulis oleh system.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digf Stumbleupon Favorites More